Account Officer: Job Desk dan Tanggung Jawab yang Perlu Anda Ketahui

Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

Apa itu Account Officer? Untuk Anda yang mungkin mengambil pendidikan di jurusan ekonomi mungkin sudah tidak asing lagi dengan Account Officer. Account Officer adalah sebuah profesi yang sangat lekat dengan ekonomi dan juga sangat banyak ditemui di berbagai job fair. Biasanya jabatan atau profesi Account Officer ini akan ditemukan di perusahaan yang bergerak di sektor finansial seperti bank dan juga sejenisnya.

Penyebutan dari jabatan atau profesi ini pun berbeda-beda ya, tergantung dari perusahaan tersebut menyebut jabatan ini apa. Ada yang Account Officer dan ada juga yang Account Executive, untuk rekan pencaker yang tertarik tentunya harus tahu dulu tugas dan tanggung jawabnya. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai Account Officer ini secara detail, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Account Officer?

Profesi sebagai Account Officer ini memang sudah pasti akan ada pada berbagai perusahaan keuangan seperti leasing, bank, koperasi, dan lain sebagainya. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu pengertian dari Account Officer. Berikut ini pengertian Account Officer bila diambil dari kata bahasa Inggris.

  1. Account adalah sebuah akun yang bisa disimpulkan sebagai nasabah ataupun klien dari perusahaan keuangan Anda
  2. Officer adalah petugas atau berarti yang akan melayani atau juga akan membantu nasabah yang berhubungan dengan perusahaan

Dari kedua kata di atas, sebenarnya kita bisa menyimpulkan kalau Account Officer artinya adalah petugas yang akan melayani nasabah mengenai produk keuangan di perusahaan.

Job Desk Account Officer

Apabila dilihat secara sekilas dan dibayangkan pekerjaannya secara umum memang hampir sama saja dengan sales atau juga marketing. Memang bisa dibilang sih hampir sama, meskipun sebenarnya tidak seutuhnya sama. Jika dipikir lagi apabila profesi ini sama dengan marketing, untuk apa perusahaan keuangan tetap melakukan seleksi untuk marketing.

Dari sini sudah jelas kalau AO itu memiliki perbedaan yang mungkin cukup signifikan dari marketing ataupun juga sales. Meskipun memang secara realita itu AO memiliki banyak kecocokan dengan marketing mulai dari pekerjaan sampai dengan tanggung jawabnya. Untuk lebih jelasnya kami akan jelaskan beberapa tugas dari Account Officer.

  1. Collecting atau Mengumpulkan

Tugas yang pertama dari seorang AO itu adalah mengumpulkan atau collecting nasabah baru, dengan meminta data diri. Proses untuk mengumpulkan sendiri memang sekarang sudah bisa dilakukan berbagai cara, salah satunya adalah sosial media. Anda pun sebenarnya bisa juga meminta rujukan dari senior AO, keluarga atau juga saudara.

  • Promosi

Tugas kedua setelah sudah mendapatkan nasabah yang baru, sudah pasti adalah melakukan promosi dengan tepat. Anda mungkin bisa mulai dengan menawarkan beberapa produk yang dimiliki oleh perusahaan keuangan tempat Anda bekerja. Biasanya produk yang ditawarkan itu adalah jasa seperti pinjaman, KPR, kredit dana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada tugas promosi ini sebenarnya Anda bisa mengerjakan untuk beberapa tugas lainnya seperti mencari data nasabah baru. Karena sangat mungkin Anda menanyakan kepada calon nasabah, siapa yang dikenali yang memang tepat untuk penawaran yang dimiliki.

  • Follow Up

Selanjutnya adalah AO itu sangat perlu untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan calon nasabah baru dan juga pada nasabah yang lama. Teknik Account Officer adalah untuk menjaga hubungan sendiri sangat bervariasi, ada yang menggunakan telepon ada juga yang datang langsung. Ini sangat perlu untuk dijalankan, karena untuk bisa update data juga.

Sebenarnya follow up dengan berhubungan baik itu penting, karena orang kalau sudah percaya akan membagikan pengalaman mereka dan produk yang dimiliki. Dan secara proses memang sebenarnya pendekatannya itu menginformasikan ulang produk jasa keuangan. Anda bisa pilih nasabah yang mungkin menunjukkan tanda bahwa dirinya tertarik.

  • Melayani Nasabah

Tugas yang berikutnya adalah melayani nasabah, dalam hal ini membantu nasabah untuk menentukan produk keuangan yang akan diambil. Cara untuk melayani nasabah itu tidak rumit, cukup Anda informasikan promo yang ada dan juga informasi soal produk keuangan. Dan memang AO akan membantu terus menerus sampai nasabah tahu akan mengambil produk yang mana terlebih dahulu. Anda pun harus tanggung jawab ke atasan dan juga laporan atas produk yang sudah kita hasilnya.

  • Analisis Kelayakan Nasabah

Tugas dari AO yang berikutnya adalah dengan melakukan analisis sesuai dengan kelayakan dari nasabah tersebut. Jadi AO itu harus mengecek secara langsung, history utang, kredit, status lingkungan, dan juga data yang lainnya lagi. Tujuan dilakukan ini adalah supaya menghindari kredit macet yang tidak terbayar setelah lewat jatuh tempo.

  • Membuat Laporan

Tugas berikutnya dari AO adalah membuat laporan untuk atasan ataupun juga laporan analisa dari berbagai data nasabahnya. Kemudian di akhir bulan akan dibuat juga laporan bulanan, yang ringkas dan mudah dipahami atasan. Dengan begitu maka AO itu harus memiliki kemampuan untuk membuat laporan dan juga ringkasan.

  • Pemantauan

Setelah itu AO pun harus mencari dan juga melihat secara langsung nasabah yang sudah mendapatkan akses ke produk keuangan yang tersedia. Jadi harus ada pemantauan dari AO ini agar supaya memastikan nasabah yang mengambil produk keuangan dalam keadaan baik.

Baca: Prospek Kerja Teknik Sipil yang Perlu Anda Ketahui

Tanggung Jawab Account Officer

Karena AO itu juga merupakan tugas masing-masing, dan juga memiliki tanggung jawab yang memang cukup besar pastinya. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai tanggung jawab dari Account Officer:

  1. Bertanggung jawab untuk memperkenalkan, dan juga didistribusi mengenai semua produk keuangan yang ada dan tepat sesuai dengan nasabah
  2. Memastikan setiap klien dan juga nasabah itu sudah memahami dengan baik dan detail soal produk yang ada dalam Account Officer.
  3. Tanggung jawab yang berikutnya adalah memastikan hubungan antara customer dan juga pelanggan terjaga dengan sangat baik
  4. Memastikan customer bisa keluar dari berbagai permasalahan yang dialaminya.

Persyaratan Menjadi Account Officer

Untuk bisa menjadi AO di tempat anda bekerja, berikut ini persyaratan untuk menjadi jika kami ingi menjadi seorang Account Officer;

  1. Syarat pertama yakni pendidikan minimal D3 (Diploma III)
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Jadi bisa dibilang kalau Account Officer adalah salah satu profesi yang bertugas melayani nasabah mengenai produk keuangan di suatu perusahaan. Demikianlah informasi lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab untuk profesi ini.