Prospek Kerja Teknik Sipil yang Perlu Anda Ketahui

Di bidang eksakta, jurusan Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit. Jurusan ini diburu banyak calon mahasiswa karena dipandang memiliki prospek kerja yang jelas. Prospek kerja teknik sipil selalu terbuka sepanjang masa, walaupun era revolusi industri 4.0 terus berkembang, prospeknya tetap cerah.

Banyak yang bilang kuliah teknik sipil itu susah. Namun, sangat sebanding tentunya dengan peluang kerja yang bakal diraih. Rekan pencaker tak perlu khawatir meskipun lulus dengan IPK pas-pasan, karena selagi rekan semua punya skil bekerja yang bagus, sangat jarang sarjana Teknik Sipil yang menganggur. Apa saja prospek kerjanya?

Peluang Kerja Lulusan Teknik Sipil

Berikut daftar peluang kerja yang cocok buat rekan pencaker lulusan Teknik Sipil, simak selengkapnya:

Pelaksana Proyek

Bila rekan pencaker masih fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja yang bagus, prospek sebagai pelaksana proyek sangat mungkin Anda raih.

Pekerjaan ini mengharuskan Anda turun ke lapangan sekaligus mengimplementasikan ilmu waktu kuliah. Walaupun cukup menguras tenaga, tetapi gaji yang ditawarkan cukup lumayan.

Peluang kerja teknik sipil di bidang pelaksana proyek ini sudah memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Seorang pelaksana proyek dapat mengumpulkan gaji mulai dari 7 juta rupiah per bulan. Tergantung dengan skala proyek dan tender yang didapat.

Pengalaman kerja yang cukup bagus di bidang pelaksana proyek ini dapat mengantarkan Anda ke jenjang karir yang lebih tinggi sebagai manajer proyek.

Seorang manajer biasanya bertugas mengatur dan gajinya termasuk favorit bagi lulusan Teknik Sipil yakni mencapai 20 juta rupiah.

Tips Karir : Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Menarik Bagi Perusahaan

Surveyor

Lapangan kerja lulusan Teknik Sipil yang juga mungkin rekan pencaker dapatkan adalah sebagai surveyor.

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan survey terhadap sebuah proyek pembangunan apakah sudah dibangun dengan mengikuti peraturan yang berlaku atau tidak.

Jenis pekerjaan ini juga cocok untuk para wanita lulusan Teknik Sipil. Pekerjaan survey ini biasanya banyak dilakukan untuk proyek pembangunan di daerah, di pedesaan dan biasanya juga bisa dilakukan oleh seorang fresh graduate.

Pekerjaan tersebut dilakukan umumnya per proyek. Hitungan gajinya bisa mencapai 7 juta rupiah per bulan. Cukup lumayan bukan untuk rekan pencaker yang baru pertama kali mendapatkan pekerjaan?

Kerja sebagai surveyor ini sekilas memang tidak begitu sulit, tetapi biasanya akan sangat sering berhadapan dengan kondisi-kondisi politis yang menguji idealisme kejujuran.

Drafter

Rekan pencaker punya kemampuan gambar dan perhitungan yang bagus terhadap konstruksi bangunan? Pekerjaan yang cocok bagi Anda adalah drafter. Anda bertugas membuat gambar sketsa kerja dari gambar yang diperoleh dari seorang arsitektur bangunan.

Berapa gaji seorang drafter? Satu projek gambar Anda bisa dibayar mulai dari 5 juta rupiah. Cukup lumayan, bukan?

Direktur Kontraktor Proyek

Pekerjaan alumni Teknik Sipil yang menggiurkan sekaligus menjadi jenjang tinggi yang diburu orang adalah sebagai direktur kontraktor proyek.

Pekerjaan ini memang harus rekan pencaker dapatkan secara berjenjang. Artinya harus mulai dari pekerjaan lapangan lebih dulu, setelah ada pengalaman naik sebagai manajer dan seterusnya sampai akhirnya meraih posisi sebagai direktur sebuah kontrak proyek.

Mengapa prospek kerja ini sangat diminati? Selain kerjanya yang tidak lagi lebih banyak di lapangan, gaji pekerjaan ini juga sangat fantastis.

Seorang direktur kontraktor proyek dapat mengantongi gaji sebesar 40 juta rupiah. Angka yang cukup tinggi dan tentu sangat menggiurkan untuk diraih, bukan?

Informasi tentang peluang kerja lulusan Teknik Sipil di atas bisa jadi motivasi untuk rekan pencaker yang saat ini mungkin mulai putus asa untuk melamar pekerjaan yang linear dengan ijazah. Mungkin rekan semua mulai tergoda mencari pekerjaan lain padahal ternyata jurusan Anda ini sangat potensial.

Prospek kerja Teknik Sipil ini sangat mungkin Anda raih walaupun mungkin nilai Anda pas-pasan. Peran relasi dan jaringan juga akan mempengaruhi peluang yang Anda dapatkan, bukan semata-mata nilai. Jangan putus asa, terus berusaha untuk mendapatkan peluang terbaik.