Cara Melamar Lewat Jobstreet Agar Cepat Dipanggil Wawancara

Cara Melamar Lewat Jobstreet

Halo Rekan Pencaker.id, tentu semua orang mendambakan mendapatkan penghasilan yang memuaskan dengan pekerjaan sesuai minat, bukan? Nah, di era teknologi dan internet seperti sekarang hal ini bukanlah mustahil. Internet dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan impian melalui aplikasi Jobstreet. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara melamar lewat Jobstreet.

Apa Itu Jobstreet?

Jobstreet adalah platform yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia. Di sini Jobstreet berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan para pencari pekerjaan.

Bergabung dengan perusahaan ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja dari berbagai negara Asia, misalnya Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, serta di tanah air.

Kamu bisa menggunakan platform Jobstreet Singapore, Jobstreet Malaysia maupun Jobstreet Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di negara-negara tersebut secara gratis.

Untuk menggunakan layanan Jobstreet kamu hanya perlu membuka akun secara gratis dan mengajukan curriculum vitae (CV) untuk mendapatkan pekerjaan idaman. kamu mungkin penasaran apa fasilitas yang dapat diperoleh dengan bergabung bersama platform ini. Berikut ringkasannya.

  1. Memungkinkan kamu untuk membuat profil online yang meyakinkan dengan mudah, termasuk melakukan pembaruan kapan saja.
  2. Aplikasi ini memperbesar peluang untuk mendapatkan kesempatan kerja di berbagai perusahaan mancanegara.
  3. Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan secara personal via email.
  4. Mitra Jobstreet juga mendapatkan akses terkait standar gaji, tips-tips yang bermanfaat berhubungan dengan karier, dan sebagainya.

Membuat Profil dan Resume Mengesankan Di Jobstreet

Untuk cara daftar Jobstreet sangat mudah, kamu cukup mengikuti petunjuk pada situs resminya. Setelah membuka akun dan melakukan validasi email, buatlah profil yang terlihat resmi dan professional. Kamu dapat menggunakan fitur Pemberitahuan Lowongan LiNa untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.

Sistem akan memberikan informasi berbagai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kategori. Kamu bisa memilih berlangganan email pemberitahuan tersebut secara mingguan atau bahkan harian. Pastikan kamu menginput seluruh kriteria sebagaimana yang dikehendaki untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

Ini misalnya lokasi kerja, paruh waktu atau penuh, pengalaman, relevan atau tidak dengan pendidikan, dan sebagainya.

Satu langkah penting yang bisa berdampak pada peluang permintaan interview adalah pada profil Jobstreet. Ada dua alternatif yang berkaitan dengan fitur ini, yaitu “Profil Jobstreet” dan “Resume Diunggah”. Keduanya dapat langsung diakses oleh perusahaan dimana kamu melamar pekerjaan.

Pada “Profil Jobstreet”, platform telah menyediakan kerangka dengan kolom informasi lengkap untuk diisi resume kamu. Saat memproses lamaran, perusahaan dapat menilai gambaran kualitas kandidat dengan melihat profil tersebut. Selain itu kamu juga bisa memilih mengunggah resume buatan sendiri dalam format dokumen.

Untuk mengoptimalkan peluang kamu dapat “terlihat” oleh perusahaan, sebaiknya sebelum mengunggah resume, lengkapi dulu “Profil Jobstreet”. Ikuti petunjuk cara upload CV di aplikasi Jobstreet pada situs resminya.

Harus disadari bahwa perusahaan yang membuka rekrutmen untuk suatu posisi setiap harinya menilai dan menyaring begitu banyak resume. Karena itu pastikan resume milik kamu ringkas,  simple, dan mudah dipahami. Pada halaman pertama, kamu sebaiknya menjabarkan kompetensi spesifik yang ditawarkan bagi perusahaan.

Jangan menginput bagian “pengalaman” dengan hal-hal lain yang tak relevan dengan bidang pekerjaan yang diincar. Agar terlihat berbeda dari calon lainnya jangan hanya menuliskan gambaran umum pekerjaan, melainkan kontribusi kamu kepada perusahaan. Lebih detail akan lebih bagus!

Para fresh graduate tak perlu berkecil hati dahulu karena kamu tetap dapat membuat resume yang menakjubkan. Pada bagian “Pengalaman” isilah dengan pengalaman kerja sebagai relawan, proyek kampus yang penting, pekerjaan paruh waktu, kegiatan ekstrakurikuler, atau komunitas.

Dari sini perusahaan diharapkan dapat melihat kualitas kamu terkait leadership, integritas, kepercayaan diri, kompetensi, dan seterusnya.

Mulai Melamar Pekerjaan di Jobstreet

Jika tertarik dengan lowongan kerja yang diiklankan pada Jobstreet, sekarang waktunya untuk mulai melamar pekerjaan terkait. Cara mempromosikan diri di Jobstreet secara teknis sebenarnya sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sudah memiliki akun Jobstreet

Tentu saja untuk mulai menggunakan platform ini kamu harus sudah terdaftar dan mempunyai akun di Jobstreet. Jika belum lakukan kamu tinggal mendaftar dan mendapatkan akun secara gratis.

  • Melihat iklan lowongan pekerjaan

Untuk melihat iklan pada jendela pop-up, kamu tinggal klik pada bagian “Nama Posisi”. Pastikan lowongan yang dipilih tersebut memang relevan dengan kompetensi yang kamu miliki.

  • Apply Now

Pada bagian bawah iklan lowongan yang kamu incar terdapat tombol “Apply Now”. Klik tombol tersebut, yang artinya kamu meminta system untuk mengirimkan lamaran pada perusahaan dimaksud.

  • Melakukan pendekatan

Setelah resume atau profil Jobstreet dikirimkan untuk mengikuti proses perekrutan, kamu bisa melakukan pendekatan secara langsung pada bagian personalia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi kelanjutan lamaran yang sudah diterima perusahaan. Alternative lainnya adalah menggunakan fitur pelacakan lamaran online yang juga tersedia pada platform.

Baca: Cara Melamar Kerja Lewat Email

Tips Cepat Mendapatkan Panggilan Wawancara

Berikut ini adalah beberapa tips karir yang membantu lamaran kamu gampang dilirik tim rekrutmen perusahaan.

  • Rajin update resume

Setelah menuliskan atau mengirimkan resume yang meyakinkan pada Jobstreet jangan biarkan CV tersebut menganggur begitu saja. Paling sedikit tiga bulan sekali, kamu harus melakukan pembaruan resume sehingga informasi data diri semakin akurat. Hal ini akan memberi nilai lebih, yaitu menunjukkan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan.

  • Pendidikan serta batasan usia

Tentu saja pada iklannya perusahaan menuliskan dengan detail kriteria kandidat yang dikehendaki. Ini antara lain latar belakang pendidikan, kompetensi, serta batasan usia. Penetapan batasan usia ini adalah untuk menunjang produktivitas bisnis perusahaan. Peluang diterima kamu dengan kriteria pendidikan dan batasan usia yang relevan akan semakin besar.

Jadi sebelum mengirimkan lamaran, perhatikan dua hal tersebut agar upaya kamu tidak sia-sia. Tak perlu khawatir bila merasa tak lagi berusia muda dan energik, karena selalu ada perusahaan yang tak menjadikan poin di atas sebagai persyaratan.

  • Foto professional

Walaupun kedengarannya sepele, kamu sangat disarankan untuk mengunggah foto yang formal serta berkualitas. Kenakan pakaian yang rapi dan tunjukkan ekspresi wajah yang ramah namun penuh percaya diri. Foto pada resume adalah hal pertama yang terlihat oleh tim rekrutmen, dan upayakan ini cukup menarik perhatian.

Platform Jobstreet memang bersifat online, namun jangan memperlakukannya sebagaimana akun media sosial lainnya. Mengunggah foto yang diedit berlebihan sangat tidak direkomendasikan karena menimbulkan kesan tak serius dan tidak professional. Jangan sampai perusahaan mengabaikan kualitas kamu hanya karena salah memilih foto profil.

  • Masa berlaku

Cermati pula batas waktu melamar pekerjaan pada perusahaan incaran kamu. Hal ini sudah tertulis dengan jelas pada laman website Jobstreet. Kamu disarankan untuk apply lebih awal sehingga seleksi lamaran oleh tim rekrutmen lebih cepat dimulai. Keuntungannya adalah kamu berkesempatan mendapatkan panggilan interview lebih cepat.