Cara Nabung Gaji 3 Jutaan Dijamin Efektif dan Berhasil!

Jobshare.id – Cara nabung gaji 3 jutaan bukanlah hal yang sulit untuk dicoba maupun diterapkan. Asal memiliki kemaun, terlebih jika kamu menggunakan cara yang efektif!

Cara nabung gaji 3 jutaan bisa dilakukan oleh semua orang, apalagi menabung sendiri juga tidak tergantung dengan besar atau kecilnya gaji. Namun lebih tergantung pada niat masing-masing individu.

Jadi asal memiliki niat yang kuat, siapapun pasti bisa menabung. Disamping itu, menabung memang akan lebih baik jika menggunakan cara yang benar dan efektif, agar hasilnya maksimal.

3 Cara Nabung Gaji 3 Jutaan Dijamin Efektif dan Pasti Berhasil

Mempunyai tabungan adalah impian banyak orang, namun sayangnya beberapa orang kesulitan untuk menabung. Alasannya pun cukup beragam mulai dari gaya hidup hingga gaji yang minim, contohnya gaji di angka 3 jutaan saja.

Nah untuk kamu yang ingin mempunyai tabungan meski gaji hanya 3 juta bisa mengikuti beberapa cara berikut:

  1. Menggunakan Metode 50 Persen-30 Persen-20 Persen

Perlu kamu tahu jika salah satu hal yang penting dalam menabung adalah menetapkan pos alokasi dana. Contohnya saja dengan menggunakan rasio 5:3:2. Adapun maksudnya adalah 50 persen gaji dipakai untuk biaya hidup.

Selanjutnya 30 persen gaji dipakai untuk menabung. Terakhir 20 persen gaji digunakan untuk hiburan dan jika bisa melakukannya secara disiplin maka kamu bisa segera mendapatkan nominal yang diharapkan. 

Plot pengeluaran yang ada diatas bisa kamu tekan lagi. Salah satu cara menekannya adalah menghemat uang biaya hidup dan biaya hiburan. Jadi uang yang tidak kamu gunakan dapat dialokasikan ke tabungan.

Jika kamu konsisten menggunakancara menabung di gaji 3 jutaan ini maka dalam satu tahun kamu sudah mengumpulkan Rp10.800.000,00. Mudah bukan? buruan coba!.

  1. Menggunakan Metode Fleksibel

Jika tinggal di kos atau merantau ke kota besar biaya hidup 1,5 juta tentunya terdengar tidak mungkin. Untuk itulah kamu juga bisa menggunakan metode fleksibel yaitu 75 persen untuk pengeluaran dan 25 persen sisanya untuk ditabung.

Jadi dengan gaji Rp3.000.000,00 maka kamu bisa menggunakan Rp2.250.000 untuk biaya hidup per bulan dan sisanya Rp750.000,00 untuk ditabung. Bila melihat nominalnya memang uang yang ditabung lebih kecil dibandingkan menggunakan metode pertama.

Meski begitu, kamu akan lebih bebas dalam mengatur pengeluaran karena persentase alokasi dana untuk kebutuhan hidup lebih besar. Jadi biaya hidup bisa terpenuhi dengan baik dan tentunya kamu tetap bisa menabung.

Baca juga: Pentingnya Hidup Hemat untuk Masa Depan

Adapun jika ingin menabung lebih banyak maka kamu harus mengurangi pengeluaran harian. Dengan menerapkan metode ini paling tidak kamu akan mempunyai tabungan Rp9.000.000,00 dalam satu tahun.

  1. Menggunakan Cara Alokasi Ketat 5 Persen-10 Persen- 15 Persen – 60 Persen

Terakhir kamu bisa menggunakan cara menabung dengan gaji 3 jutaan yang ketat ini. Memang terbilang rumit, namun jika dipraktekan sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu disiplin memasukan pengeluaran ke pos tertentu.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengetahui pengeluaran apa saja yang dapat dikurangi dan ditekan lalu dialokasikan untuk ditabung. Untuk mengetahui pengeluaran lebih detail kamu bisa menggunakan skema 5 persen – 10 persen – 15 persen – 60 persen.

Jika disiplin menggunakan metode ini paling tidak kamu akan memiliki tabungan Rp5.400.000,00 dalam setahun. Bahkan bisa jadi lebih banyak bila kamu bisa mengurangi pengeluaran.

Kuncinya kamu harus disiplin jika menggunakan cara ini. Cara tersebut akan membuat keuangan kamu lebih teratur.

Dengan mengikuti cara nabung gaji 3 juta diatas, mempunyai tabungan bukanlah hal yang mustahil atau sulit lagi. Kamu bisa segera mencoba dan rasakan sendiri manfaatnya dalam jangka waktu tertentu.

Informasi menarik seputar cara menabung maupun mengatur keuangan lainnya bisa kamu dapatkan di laman website kami ini!