Istilah Dalam Dunia Kerja yang Perlu Diketahui Fresh Graduate

Jobshare id – Lulusan baru atau fresh graduate perlu mengetahui beragam jenis istilah dalam dunia kerja supaya tidak kaget.

Munculnya istilah dunia kerja baru yang terdengar asing sering membuat sobat Jobshare Indonesia bingung. Apalagi kalau kamu belum punya pengalaman bekerja sama sekali. Hal ini memang patut dipahami apalagi fresh graduate.

Perkembangan zaman makin cepat sehingga muncul banyak kosa kata baru. Kebanyakan di antaranya berasal dari bahasa asing maupun singkatan khusus. Jika kamu ingin memasuki dunia pekerjaan modern maka belajarlah mulai sekarang.

Tidak setiap tempat kerja memakai diksi serupa. Terkadang bahasa itu diciptakan sendiri antar pekerja supaya mereka saling mudah berkomunikasi. Ada yang termasuk slang hingga ungkapan bahasa daerah masing-masing.

Fungsi dari Penggunaan Istilah Dalam Dunia Kerja

Istilah dalam dunia kerja bukan dibuat tanpa alasan. Sudah suatu kebiasaan untuk mengucapkan beberapa kata tersebut di lingkup suatu kantor. Para pegawai sudah paham karena terbiasa menerapkannya sehari-hari.

Adapun fungsi dari penggunaannya yaitu mempermudah sistem komunikasi. Terlalu banyak menjelaskan sepanjang waktu kerja akan terkesan buang-buang waktu. Untuk mempersingkat informasi maka dipergunakan kosa kata tertentu.

Sebagian besar bahasa hanya dimengerti oleh orang-orang perkantoran. Mungkin orang lain tidak paham jika bekerja di luar ranah tersebut. Ini akan memberikan kesan private apalagi ketika membicarakan hal intern kantor.

Istilah-istilah Dalam Dunia Kerja yang Sering Digunakan

Terkadang suasana bekerja terasa lebih asyik dan hangat. Antar karyawan memakai istilah sama sehingga terkesan akrab. Namun kamu juga harus mengetahui apa saja istilah dunia kerja yang paling sering muncul.

Remote

Sebagian besar perusahan menerapkan sistem kerja remote selama pandemic COVID-19. Kamu sering menemukan keterangan tersebut ketika mencari lowongan-lowongan di internet. Salah satu syaratnya calon pegawai boleh mengambil remote working.

Meskipun tidak semua kantor punya aturan tersebut namun fresh graduate sangat menyukainya. Remote berarti bisa mengemban pekerjaan lewat jarak jauh. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan lokasi rumah yang jauh.

Keuntungannya kamu dapat menghemat ongkos sewa kos serta transportasi sehari-hari. Cukup duduk manis di meja kerja sambil mengikuti instruksi perusahaan. Biasanya mereka menggunakan email dan online meeting untuk berkomunikasi.

ASAP atau As Soon As Possible

ASAP adalah istilah dunia kerja yang sering muncul. Tidak hanya di kantor melainkan lingkup kehidupan lain seperti sekolah, kampus dan sebagainya. Singkatan Bahasa Inggris ini sudah lama digunakan oleh masyarakat.

Pada mulanya ASAP muncul untuk menyingkat pesan singkat di ponsel. Namun sekarang para pekerja memakainya untuk menginstruksi tugas dengan deadline cepat. Kamu diminta menyelesaikannya cepat-cepat jika mendengar kata tersebut.

ASAP sering ditujukan kepada orang yang bertugas mem-follow up pegawai lain. Kamu jangan membuang waktu dan bekerja secara efisien. Dengan begitu tugas menjadi cepat selesai bahkan kurang dari target deadline.

Following Up

Jika bos memintamu follow up berarti ia meminta kabar terbaru. Dengan kata lain, kamu memberikannya perkembangan tentang tugas yang sedang dikerjakan. Ini juga sering muncul ketika kamu bekerja bersama tim.

Menurut pengalaman banyak orang, perintah ini punya beberapa tingkatan sesuai level kebutuhannya. Jika kondisinya tidak terlalu mendesak maka atasan menyampaikan lewat aplikasi chat seperti Whatsapp.

Untuk kondisi sedikit penting maka mereka memakai SMS reguler. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan formalitas ketimbang penggunaan aplikasi online. Tingkatan terakhir dengan memanggil karyawan secara langsung supaya mendapatkan respon tercepat.

Over Time atau Waktu Lembur

Sebenarnya istilah lama yaitu ‘lembur’ masih dipergunakan sampai sekarang. Namun di beberapa perusahaan modern dengan mayoritas karyawan anak muda, kata tersebut sering diganti. Over time adalah istilah untuk waktu lembur.

Standar hitungan lembur perusahaan di Indonesia adalah satu jam. Jadi tiap 1 jam kelebihan waktu kerjamu akan dibayar di luar gaji pokok. Bahkan beberapa kantor menerapkan sistem uang makan malam.

Fresh gradate sering was-was jika istilah dunia kerja ini keluar dari mulut pimpinan. Namun akan ada uang tambahan di awal bulan. Makin sering kerja over time maka gajimu bertambah besar.

KPI yaitu Key Performance Indicators

Kata ini cukup asing di telinga masyarakat awam. Jika kamu mendengarnya di kantor maka artinya penilaian performa kerja. Karyawan dilihat dan dinilai performanya. Ada indikator tertentu untuk menerapkan standar tersebut.

Tiap perusahaan menerapkan sistem penilaian tersebut dengan format berbeda-beda. Tujuannya untuk mencari kandidat pegawai kompeten. Ada baris dan kolom dibagi sesuai poin indikator. Kemampuanmu akan dinilai secara ketat.

Jadwal KPI akan membuat orang kantor panik. Namun mereka akan mempersiapkan diri untuk menunjukkan kompetensinya. Melalui sistem ini, biasanya pimpinan akan menawarkan kesempatan promosi jabatan.

WFH atau Work from Home

WFH dan bekerja remote memiliki definisi berbeda. Remote working berarti kamu dapat bekerja dari lain daerah tanpa datang ke kantor. Sedangkan WFH adalah sistem bekerja di rumah yang sifatnya sementara.

Ada tenggat waktu tertentu bergantung kebijakan perusahaan. Pihak atasan juga mempertimbangkan berbagai hal, misalnya bahaya masa pandemi COVID-19. Ada juga karena alasan lain seperti karyawan yang memiliki kendala khusus.  

MoM atau Minutes of Meeting

MoM adalah istilah dalam dunia kerja saat rapat akan atau sedang berlangsung. Minutes of Meeting dikirim melalui pesan email atau secara langsung. Isinya tentang poin-poin penting tentang rapat.

Jika kamu memimpin meeting dengan klien, MoM akan sangat membantu sekali. Kamu bisa fokus membahas hal-hal penting tanpa keluar dari topik pembicaraan. Klien juga akan menganggapmu pekerja kompeten dan profesional.

Baca juga: Contoh Surat Referensi Kerja

Penting bagi fresh graduate menghafal kosa kata di atas. Bagi pegawai baru, proses adaptasi pekerjaan adalah hal terpenting. Istilah dunia kerja tersebut dapat membantumu mempercepat pekerjaan sekaligus memperlancar proses komunikasi.

Sumber informasi: Jobshare.id